Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (B)

Calon guru belajar Bahasa Indonesia dari Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024. Soal latihan ini dapat kita gunakan sebagai simulasi dalam persiapan menghadapai Ujian Sekolah (US) atau Ujian Madrasah (UM) Sekolah Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi US (Ujian Sekolah) Bahasa Indonesia SD/MI kelas 6 (Enam), kalian sebaiknya meluangkan waktu untuk belajar dan mencoba soal-soal latihan. Kalian juga bisa meminta bantuan guru atau orang tua untuk menjelaskan konsep yang sulit kalian pahami. Untuk bahan latihan, soal-soal di bawah ini bisa menjadi salah satu bahan latihan.


Soal US (Ujian Sekolah) - UM (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024

Soal latihan US (Ujian Sekolah) Bahasa Indonesia SD/MI kelas 6 (Enam) berikut ini, silahkan dikerjakan terlebih dahulu secara mandiri sebelum membuka buku atau sumber lain untuk melihat pembahasan soal. Setelah selesai silahkan cek jawaban. Jika hasilnya belum memuaskan silahkan dicoba lagi tes ulang.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :40 soal
Petunjuk Pengerjaan Soal:
Bentuk soal pilihan ganda, pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Kamu merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, maka pilihlah yang paling benar.

1. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

SD Harapan Maju mengadakan kegiatan lomba kebersihan antar kelas. Lomba tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 22 Februari 2021. Seluruh siswa diharapkan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka harus membawa peralatan kebersihan seperti sapu lidi, sapu ijuk, dan kemoceng.

Makna kata berpartisipasi dalam teks di atas adalah ....




2. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Rajin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Antonim kata meningkatkan adalah ....




3. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9
Topik percakapan tersebut adalah ....




4. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Kesadaran akan kebersihan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Lingkungan sekolah yang bersih membuat kita merasa nyaman dan bebas dari penyakit. Para siswa juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga kebersihan sekolah. Mereka dapat menyapu kelas, mengepel lantai, dan membuang sampah pada tempatnya.

Kalimat utama teks bacaan di atas adalah ...




5. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Lidah buaya adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Gel lidah buaya sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Jika digunakan sebagai masker wajah, lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat. Lidah buaya juga dapat dikonsumsi sebagai jus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....




6. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Minggu pagi, banyak warga Sragen melakukan kegiatan sepeda bersama. Mereka bersepeda di sepanjang Jalan Raya Sukowati. Lalu, mereka berhenti di Alun-alun Kota Sragen untuk mengikuti senam bersama. Setelah itu, mereka membeli jajanan atau minuman dari pedagang sekitar.

Topik paragraf di atas adalah ...




7. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Terdapat beberapa zat berbahaya dalam jajajan anak. Zat tersebut antara lain rhodamin dan formalin. Rhodamin adalah zat pewarna tekstil. Makanan yang diberi rhodamin terlihat cerah dan menarik namun sangat berbahaya bagi kesehatan. Sementara itu, formalin adalah bahan pengawet yang tidak seharusnya digunakan pada makanan. Formalin adalah obat luar yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah.

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ....




8. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

SD Mentari mengadakan kegiatan ekstra kesenian. Kegiatan tersebut dilaksananakan setiap hari Sabtu selesai kegiatan pembelajaran. Kegiatan ekstra tersebut antara lain: menari, drum band, menyanyi, dan angklung. Setiap siswa diwajibkan memilih salah satu kegiatan.

Jenis teks tersebut adalah ....




9. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Cuaca terasa sangat pengap dan panas. Tiba-tiba suasana menjadi gelap. Awan hitam menggantung di langit dan menutupi sinar matahari. Petir dan kilat terdengar bersaut-sautan. Turun hujan disertai Kristal-kristal es. Angin bertiup sangat kencang dan menerbangkan benda-benda, ranting-ranting pohon, dan dedaunan.

Peristiwa alam yang terjadi berkaitan dengan isi bacaan tersebut adalah ....




10. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Memilih makanan yang seimbang sesuai kebutuhan sangat penting. Makanan yang tidak seimbang nilai nutrisi dan nilai gizinya akan menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat.

Tubuh harus mendapatkan makanan lengkap yang seimbang mulai dari karbohidrat yang didapatkan dari beras dan tepung, protein dari lauk seperti daging dan ikan, sayuran yang banyak mengandung serat, dan buah-buahan yang kaya vitamin.
No
Bahan Makanan
Zat Gizi Utama
1
Beras
Karbohidrat
2
Tepung
(a)
3
Daging
Protein
4
Ikan
(b)
5
Buah-buahan
(c)
Isian yang tepat untuk huruf (a), (b), dan (c) pada tabel di atas adalah ….




11. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Petik satu buah sukun
Sayang buah masih kecil
Belajarlah dengan tekun
Agar kelak bisa berhasil

Isi pantun di atas adalah ...




12. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Dua minggu lagi akan ada lomba egrang antar sekolah. Fahri, Bayu, dan Tasya ditugaskan untuk mewakili sekolah. Mereka belum pernah menggunakan egrang sebelumnya. Untung saja, ayah Bayu bersedia membantu mereka berlatih. Saat berlatih, beberapa kali mereka terjatuh. Bayu dan tasya menyerah, Namun, Fahri tetap semangat berlatih egrang. Fahri yakin jika ada kemauan pasti ia bisa melakukannya.

Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ....




13. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Biasanya jam segini es cincau dagangan Bu Ina sudah habis. Sejak tadi siang hujan dan udara terasa sejuk, sehingga tidak banyak orang yang ingin minum es. Bu Ina masih sabar menanti. Suara bising kendaraan yang lalu lalang tidak ia hiraukan. Ia berharap para pekerja pabrik yang sebentar lagi pulang akan mampir untuk membeli es cincaunya.

Latar cerita di atas adalah ....




14. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Alya tidak pernah mengabaikan kesehatannya. Ia selalu memakai masker saat keluar rumah. Ia juga menjaga jarak dengan orang yang ditemui. Setelah pulang ke rumah, ia selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Watak tokok utama dalam cerita di atas adalah ….




15. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Pahlawanku,
Kau pembela nusa bangsa
Tanah air tercinta
Api yang berkobar di dadamu
Seakan tak ingin padam
Meski ragamu tak utuh lagi
Pahlawanku,
Jasamu tak terbilang
Terukir di dada setiap insan.

Makna yang tepat untuk kata api pada puisi di atas adalah ....




16. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan!
Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9
Makna kata kutu buku pada teks percakapan di atas adalah ... buku.




17. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Minggu lalu, Rena berekreasi ke Taman Bunga Meranti. Suasananya sangat menyenangkan. Banyak aneka bunga berwarna-warni dan indah dipandang. Sayangnya, ada hal yang membuat Rena tidak nyaman. Botol-botol plastik berserakan di lingkungan taman. Ternyata, kurangnya tempat sampah tidak mampu menampung sampah para pengunjung.

Simpulan cerita di atas adalah …




18. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Ada seekor banteng yang baru datang ke sebuah padang rumput. Ia adalah banteng yang memiliki tanduk runcing. Ia terlihat sangat gagah. Kabar kedatangan banteng tersebut tersebar dengan sangat cepat.

Si kerbau merasa iri kepada banteng tersebut. Ia berkata, “Apa sih hebatnya dia? Aku juga mempunyai tanduk yang besar dan runcing. Badanku juga gagah. Cuma hanya berbeda warna kulit saja. Seandainya kulitku hitam aku pasti lebih gagah dibandingkan banteng itu”.

Ia pun memiliki ide untuk mengubah warna kulitnya. Ia pun mendatangi sapi yang tengah berendam di sungai. Saat itu sapi masih berwarna coklat kehitaman. Ia pun merayu sapi agar ia mau bertukar kulit. Namun, sapi tidak bersedia.

Kerbau tetap saja membujuk sapi dan memohon atas nama persahabatan. Sapi pun akhirnya bersedia tukar warna kulit. Namun, sapi memberi syarat bahwa sesudah bertukar, kerbau tidak boleh meminta kulitnya kembali. Kerbau pun menyanggupi persyaratan tersebut.

Konflik yang terjadi dalam cerita di atas adalah …




19. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9
Tema drama pendek di atas adalah ....




20. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Jalan-jalan membeli ketupat
Ketupat didapat senanglah hati
Kepada orang tua harus hormat
Itulah tanda anak yang berbakti

Amanat pantun di atas adalah …




21. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Pagi itu, hujan turun dengan lebatnya. Kiki terlihat duduk gelisah dan kebingungan. Ia takut kehujanan. Namun, ia tak ingin terlambat dan ketinggalan pelajaran sekolah. Ia pun bergegas mengambil jas hujan dari lemarinya.

Prediksi yang akan terjadi dari cerita di atas adalah …




22. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Pak Fuad seorang pedagang mainan di Alun-alun Kota Sragen. Pagi itu, ada seorang anak perempuan menangis di depan tokonya. Anak tersebut menunjuk sebuah boneka. Namun, ia mengatakan tidak membawa uang. Pak Fuad memberikan sebuah boneka kepada anak tersebut.

Nilai positif dari cerita di atas adalah ....




23. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Rendi sedang menerima pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). Ia menyimak materi dari guru dengan sungguh-sungguh. Namun, Ia sering lupa makan pagi. Ia pun jarang membersihkan ruang belajarnya. Ia selalu bermain game sepanjang hari setelah pembelajaran selesai.

Keteladanan tokoh dalam cerita di atas adalah ....




24. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Pak Ardan sedang melakukan … tentang pentingnya mengatur waktu belajar di rumah. Istilah yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....





25. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Kerajinan itu adalah hasil dari … para siswa kelas 6 SD Sejahtera.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....




26. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Siska anak yang rajin. Ia selalu menggunakan waktu luangnya untuk hal-hal yang berguna. Saat melihat sampah botol plastik di rumahnya. Ia memiliki sebuah ide. Ia mengumpulkan botol-botol tersebut. Lalu, ia mencuci botol tersebut hingga bersih.

Ia membuat berbagai kerajinan dari botol plastik, seperti tempat pensil, vas bunga, hiasan dinding, dan bingkai foto. Hasil kerajinannya ditunjukkan kepada teman-temannya. Ternyata, mereka suka dan ingin membeli hasil kerajian Siska. Siska pun dengan senang hati menjual kerajinannya.

Sejak itu Siska menekuni hobi barunya tersebut. Sikap Siska bagaikan peribahasa ….

Peribahasa yang sesuai dengan bacaan di atas adalah ....




27. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan petunjuk berikut!
  1. Untuk membuka masker, lepaskan dari belakang.
  2. Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung.
  3. Hindari menyentuh masker saat digunakan dan bila tersentuh segera cuci tangan.
  4. Setelah dilepas, segera buang masker di tempat sampah tertutup.
  5. Sebelum memasang masker, cuci tangan menggunakan sabun dan air.
Urutan petunjuk penggunaan masker yang tepat adalah …




28. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan!
Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9
Kalimat iklan yang sesuai gambar di atas adalah ...




29. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

SD Mentari Sragen merupakan sekolah yang memiliki tingkat kesadaran kebersihan yang tinggi … Setiap hari, siswa-siswi mengadakan piket rutin di setiap kelas. Setiap bulan, biasanya para siswa diajak untuk menanam bunga di sekolah. Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih lapangan bersama-sama.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan di atas adalah ...




30. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Masyarakat .... untuk selalu menerapkan 3 M (Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air yang mengalir).

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi ....




31. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan!
Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9
..... cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat iklan di atas adalah ....




32. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Teman-teman yang saya banggakan, ..... Pertama, Sebelum berangkat sekolah, jangan lupa untuk sarapan pagi. Dengan sarapan, tubuh kita akan kuat dan otak kita dapat digunakan untuk berpikir dengan baik. Kedua, dengan melakukan olahraga paling sedikit seminggu sekali. Ketiga, kita harus menjaga lingkungan kita tetap bersih. Maka dari itu, mulailah hidup dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah …




33. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Aldi merasa sangat bangga dapat mengikuti emansipasi siswa berprestasi di sekolahnya.

Kata emansipasi dalam kalimat tersebut seharusnya diganti dengan ....




34. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Andri telah lama antri untuk mengambil ijasah di sekolahnya.

Penulisan kedua kata yang bercetak miring pada kalimat di atas seharusnya diperbaiki menjadi ....




35. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Kesalahan tanda baca terletak pada kalimat ...




36. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Saat mengunjungi Monumen Dirgantara, Aldi meminta izin kepada Bu Guru untuk membeli cinderamata.

Kesalahan ejaan kalimat di atas terdapat pada kata ....




37. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat …




38. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Penggunaan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat ...




39. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Setiap tanggal 10 november, SD tunas bangsa memperingati hari pahlawan. Penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat di atas adalah ….




40. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Firza berkata “Wah! Cuaca hari ini panas sekali.” Penulisan tanda baca yang tepat untuk kalimat di atas adalah ….





Catatan Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apa pun untuk dimakan.
Soekarno