Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Tahun 2024

Calon guru belajar Bahasa Indonesia dari Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2024. Soal latihan ini dapat kita gunakan sebagai simulasi dalam persiapan menghadapai Ujian Sekolah (US) atau Ujian Madrasah (UM) SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi US (Ujian Sekolah), sebaiknya kita meluangkan waktu untuk belajar Bahasa Indonesia dan mencoba soal-soal latihan. Kalian juga bisa meminta bantuan guru atau orang tua untuk menjelaskan konsep yang sulit kalian pahami. Untuk bahan latihan, soal-soal di bawah ini bisa menjadi salah satu bahan latihan yang cocok untuk uji kemampuan.


Soal US (Ujian Sekolah) - UM (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Tahun 2024

Soal latihan US (Ujian Sekolah) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 berikut ini, silahkan dikerjakan terlebih dahulu secara mandiri sebelum membuka buku atau sumber lain untuk melihat pembahasan soal. Setelah selesai silahkan cek jawaban. Jika hasilnya belum memuaskan silahkan dicoba lagi tes ulang.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :50 soal
Petunjuk Pengerjaan Soal:
Bentuk soal pilihan ganda, pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Kamu merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, maka pilihlah yang paling benar.

1. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Seto Mulyadi atau biasa dikenal sebagai kak Seto lahir di Klaten, 28 Agustus1951. Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Ia juga menjabat Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Berawal dari kematian adiknya saat berumur tiga tahun akibat penyakit campak membuat Seto mulai menekuni dunia anak. Berbagai pengalaman pernah dirasakan, yaitu menjadi pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta.

Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah...




Teks untuk nomor 2-4
Kondisi ekomoni yang sangat sulit memaksa N Wayan Mertayani harus bekerja di usianya yang masih 14 tahun. Pagi hari, dia pergi ke sekolah di SMPN 2 Abang, Bali, kemudian dia membantu ibunya berjualan. Setelah itu, Mertayani mencari barang rongsokan di pinggir pantai. Hal itu dilakukannya sejak ayahnya meninggal. Ia rajin dan tidak mudah putus asa. Semua pekerjaan ia lakukan dengan senang hati. Ketika mencari barang rongsokan, Mertayani meminjam kamera foto milik Mrs. Dolly Amarhoseija, seorang wisatawan yang dikenalnya. Kemudian, dia membuat 15 foto dengan kamera itu. Hasil foto terakhirnya adalah sebuah potret pohon ubi karet dengan dahan tanpa daun yang tumbuh di depan rumahnya. Seekor ayam bertengger di salah satu dahan. Handuk berwarba merah jambu dan baju hariannya yang dijemur di bawahnya. Dia tidak menyangka foto sederhana itu memikat 12 fotografer kelas dunia dan menjadi pemenang dalam World Press Photo yang diadakan oleh Yayasan anne Frank di Belanda pada tahun 2009.

Ibu Mertayani sangat senang dengan prestasi yang di capai anaknya. Apa yang dia yakini dan lalukan selama ini ternyata tidak sia-sia. Dia pun berharap anaknya bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya.

2. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah .....




3. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Sikap/tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut adalah .....




4. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Pendapat penulis terhadap tokoh pada teks tersebut adalah .....




5. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Cermati cuplikan biografi berikut!
"walaupun kalah, saya tetap bangga bisa menjadi bagian dari sejarah tenis Indonesia dan bisa bertanding melawan Boris Becker." Kata-kata itu dilontarkan Wailan Mike Donald Walalangi, mantan petenis nasional, ketika menceritakan salah satu pengalaman yang berkesan selama menjadi atlet tenis nasional. Berpasangan dengan Suharyadi, ia turun di grup dunia piala Davus 1989. Tidak tanggung-tanggung ketika itu ia melawan ganda jerman, Boris Becker / Eric Jelen. Kendati kalah 2-6, 4-6, 1-6 dan tim indonesia dihajar 5-0, Wailan tak hilang semangat. Sebaliknya, ia bangga akan pencapaiannya tersebut, Putra Tondano, Sulut yang besar di Sorong Papua ini mengulang sejarah dengan membawa indonesia tampil di grup dunia piala davis. Sebelum prestasi tampil di grup dunia pernah dicatat tahun 1983.

Tindakan yang dapat diteladani dari tokoh tenis Wailan Walalangi dalam kutipan biografi tersebut adalah .....




6. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan kalimat berikut ini!
Dewi sartika meninggal 11 september 1947 di tasikmalaya dan dimakamkan dipemakaman cigagadon, Desa Rahayu, Kecamatan Cineam.

Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah .....




7. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
(1) Nurhayati Sri Handani Siti Nukati atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan Sastrawan dan novelis Indonesia (2) N.H Dini bercita-cita menjadi seorang dokter. (3) pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih". (4) tulisan itu dianggap membahayakan belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, setelah mengetahui penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.

Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (2) menjadi .....




8. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Cermatilah kutipan teks berikut dengan seksama!
Semangat juang dan perlawanan Cut Nyak Dien bertambah kuat saat Belanda membakar Masjid Besar Aceh. Dengan semangat menyala, beliau mengajak seluruh rakyat aceh untuk berjuang. Saat teuku ibrahim gugur, di tengah kesedihan, beliau bertekad meneruskan perjuangan. Dua tahun setelah kematian suami pertamanya tepatnya pada tahun 1880, Cut Nyak Dien menikah dengan Teuku Umar. Seperti Teuku Ibrahim, Teuku Umar adalah pejuang kemerdekaan yang hebat.

Simpulan isi teks tersebut adalah .....




9. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Cermatlah kalimat-kalimat berikut!
  1. Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk kepada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang menculik Soekarno ke Rengas Dengkok, Soekarno dan Hatta mengproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
  2. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi Presiden dan wakil Presiden Pertama Indonesia.
  3. Pada masa itu Soekarno-Hatta pernah dibuang kembali ke Parapat dan Bangka.
  4. Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda
  5. Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden dipulihkan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks biografi yang baik adalah .....




10. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan cerita berikut!
Walaupun tugasnya sangat ringan dibandingkan dengan tugas yang dikerjakan sepasang kerbau, sang roda berciut-ciut dan mengeluarkan keluhan di sepanjang belokan. Kerbau yang malang menarik kereta melalui lumpur akhirnya tak tahan mendengar keluhan sang roda. "Diamlah, apa yang kalian keluhkan dengan begitu keras? Kami yang bekerja keras menarik segala beban saja tak pernah mengeluh."

Komentar terhadap isi teks tersebut adalah .....




11. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Dengan bermandikan keringat, Apin menawarkan koran. Ia menantang kerasnya kehidupan ibu kota. Sebetulnya ia tak berkeinginan mengadu nasib di kota. Namun, karena tergiur oleh bujukan temannya, akhirnya ia meninggalkan desanya. Setiap hari, ia mondar-mandir di dekat pusat pertokoan dan kadang-kadang pula berjualan di tempat-tempat hiburan / pusat keramaian.

Realitas kehidupan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah .....




12. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Saat ini perjalanan Dami Menjawab pertanyaan ayah, satu per satu jawaban yang Dani Dapat, diceritakan pada ayah, dan hasilnya tetap saja "coba lagi". Dani mulai berfikir ayah pasti mempermainkannya. Selama perjalanan Dani tak berbicara sepatah kata pun pada ayahnya. Sampai disebuah lampu merah, mereka melihat seorang nenek tua bersama cucunya sedang mengenis di tepi jalan. Ayah merogoh kantongnya, memberikan sejumlah uang dan berkata, "tolong berikan ini pada mereja, kita masih diberi rejeki, kita harus saling menolong dan berbagi." Dani memberikan uang itu pada nenek yang sedabg memelas dan mengemis itu. Hatinya tersentuh melihat pengemis di jalan itu.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah…




13. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan cerita berikut!
"pengawal, panggil anak-anak!" perintah Raja singa. Tak lama kemudian anak-anak singa sudah berkumpul di hadapan ayah mereka. "Putraku, ini Raja Cacing Kincir Angin, ceritakanlah yang kalian alami," terdengar suara Raja Singa bagai halilintar. "waktu itu, aku dan adik-adik sedang bermain di bawah pohon kasturi. Ketiga adk sedang berbaring di atas rumput, kakinya seperti digelitik, setelah digaruk-garuk tanahnya ternyata segerombolan cacing sedang menuju keluar permukaan tanah." Jelas si sulung dengan raut wajah yang jijik. Mulai kerjadian itu, Raja Singa mengusir warga cacing dari Negeri Kincir angin walaupun telah meminta maaf.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah .....




14. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
Rendy sejak kecil merupakan kesayangan keluarganya. Dia selalu mendapat dukungan dari keluarganya dalam segala hal. Dia dikenal anak yang selalu ingin menang. Di sekolah dia menggemari sepakbola. Dalam pikirannya banyak akal agar dapat bermain bola. Jika tidak menemukan bola, ia akan membuat bola dari gulungan kaos kaki teman-temannya. Setiap hari Rendy mempunyai ide kreatif agar dapat bermain bola. Rutinitas Rendy terbawaa hingga remaja. Akhirnya, di usia remaja ia mendapatkan presttasi yang luar biasa. Bahkan menjadi siswa yang terkenal di sekolahnya.

Kebiasaan positif tokoh cerita tersebut yang tepat adalah .....




Teks untuk nomor 15-16
"Begini Baginda. Roti itu memang hamba sisakan separuh sebab hamba khawatir jangan-jangan baginda lupa membuka tutup tabung ini. Jika baginda lupa membukanya, tentu saja hamba masih dapat makan roti setahun lagi. Untunglah baginda tidak lupa. Hamba sangat senang." Sang raja terkejut mendengar penjelasan si semut kecil di dekat semut.

15. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Relevansi isi dongeng dengan kehidupan sekarang adalah .....




16. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Kebiasaan tokoh raja berdasarkan kutipan cerita anak tersebut adalah .....




17. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan cerita berikut!
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat dimana-mana. Lumpur yang licin membuat semuttergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu.

Kebiasaan tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah...




18. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan cerita berikut!
"wah ..... Beti dan Bebe ‘kan lamban," ujar Kolin saat melihat dua bebek di depannya, "sepertinya, tidak mengapa kalau aku mendahului mereka."
"jangan, Kolin!" seru Ruso marah dan berusaha menghalanginya. Namun, Kolin tidak peduli.
Prang .....prang .....! Semangkuk es krim itu terlepas dari tangan Beti dan jatuh tepat di punggung Kolin. Lalu, mangkuk itu meluncur ke lantai dan pecah.
Kolin pucat saat melihat es krim tumpah mengotori lantai. Bukan main kesalnya teman-teman Kolin. Ia malu sekali dan menyesal. Kini, ia harus membersihkan lantai yang kotor.

Amanat cerita tersebut adalah .....




19. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Pak Hamid pun bertanya-tanya kepada tetangganya itu, bagaimana caranya bisa cepat kaya tanpa harus bersusah payah. Tetangganya itu pun memberi tahu bagaimana cara mendapatkan kekayaan dengan mudah dan tidak bersusah payah. Malam harinya Pak Hamid pergi ke makam keramat yang ditunjukkan oleh tetangganya itu. Pak Hamid pun tampak menyembah-nyembah makam tersebut sambil berkomat-kamit membaca mantra. Entah mantra apa yang dibacanya, kelihatannya panjang sekali dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan mantra itu. Pak hamid pulang dengan wajah berseri-seri, dia yakin akan mendapatkan kekayaan sebentar lagi.

Pesan berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah ...




20. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan berikut!
Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin sehingga aku tergelincir. Motorku, masih di atas tapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam tetapi sulit untukku nai ke atas karena jurang itu bersudut 90. Aku sungguh takut, aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah .....




21. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan kutipan teks fabel berikut!
Si ular merah segera teringat sebuah perjanjian yang pernah dijelaskan oleh ibunya. Antara ular dan ikan memang tidak boleh saling memangsa. Kalau ada yang melanggar, maka ia akan celaka.

"aku ti ..... tidak lupa!" jawab si merah takut.

"lalu kenapa kau memakan anakku?" si merah tidak dapat menjawab. Seluruh tubuhnya benar-benar gemetar. Ia takut kalau nanti akan mendapat celaka karena telah melanggar perjanjian.

"sebagai gantinya kau harus menyerahkan salah satu anakmu pada kami. Hutang nyawa harus dibayar nyawa!" kata ayah ikan.
"baiklah, aku akan serahkan anakku."

Keesokan harinya ular datang kembali sambil membawa salah satu anaknya. Dengan sangat terpaksa ia menyerahkan anaknya itu pada ikan mujair. Untunglah ikan mujair tidak membunuh anak ular itu. Ikan mujair hanya mengurung anak ular itu dan suatu saat akan akan dikembalikan lagi kepada induknya. Mulai saat itu si merah idak berani lagi memakan ikan mujair. Ia juga selalu mengingatkan anak-anaknya agar tidak memangsa ika mujair.

Tindakan terpuji yang dilakukan tokoh ikan mujair adalah .....




Teks untuk nomor 22-23
Siang hari menjelang sore, kamar citra kedatangan pendatang baru. Citra baru saja membereskan peralatan melukisnya saat si pendatang baru itu masuk ke dalam bersama pendampingnya. Seorang perawat segera menarik tirai yang membatasi ranjang Citra dengan ranjang yang terletak di sebelahnya sehingga Citra tidak melihat dengan jelas orang baru yang menjadi teman sekamarnya.
"apa mama benar-benar nggak mau nemanin aku disini? Hanya untuk malam ini ....."

Terdengar suara rengekan seorang anak di sebelahnya.

"maafin mama sayang, pagi-pagi mama harus segera berangkat ke kantor, ..... besok sore mama akan datang lagi."

22. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Realitas sosial yang kita temukan dari penggalan cerpen di atas adalah .....




23. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Tanggapan yang tepat untuk cerita tersebut adalah .....




24. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Semalam Fajar tidak bisa tidur karena memikirkan kebohongannya dengan dua temannya, yaitu Novita dan Indri. Padahal mereka berdua sangat percaya kepada Fajar.
Keesokan paginya Fajar bermaksud minta maaf kepada keduanya, "teman-teman aku minta maaf karena aku takut kalian akan menjauhi aku jika aku bukan anak orang kaya seperti kalian. Padahal orang tuaku hanyalah seorang sopir angkot dan ibuku hanya pembantu rumah tangga. "iya, ga pa pa ..... aku sudah tahu kok. Lain kali jangan bohong lagi ya ..... tersiksa kan?

Nilai kehidupan positif dalam kutipan cerpen di atas adalah .....




25. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
Dengan bahasa arab yang dipelajarinya, Hamka mendalami sejarah islam dan sastra secara otodidak. Kembali ke tanah air, hamka merintis karier sebagai wartawan sambil bekerja sebagai guru agama sementara waktu di medan. Nama Hamka melambung sebagai sastrawan.

Makna kata otodidak pada teks tersebut adalah.....




26. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah paragraf berikut!
Di era digital, media berperan besar untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya perlindungan anak. Banyaknya informasi di dunia maya,menjadikan anak renta mengalami kekerasan. Penelitian badan PBB, Unicef tahun 2014 menunjukkan, 69% anak indonesia menyadari dampak penggunaan internet. Namun, 85% di antaranya meyakini dampak itu tidak akan menimpa diri mereka.

Simpulan paragraf tersebut adalah .....




27. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
(1) orang ta mengizinkan anak dubawah umur menggunakan motor alasan utama butuh alat transporasi. (2) penggunaan motor bagi pelajar menghemat biaya dan waktu. (3) data ditlantas polda metro jaya jumlah anak dibawah umur yang menjadi pelaku kecelakaan melonjak 11,11%. (4) anak di bawah umur belum punya SIM perilaku berkendarannya belum stabil ada rumor menyebutkan mereka hanya bisa ngegas tapi lupa ngerem. (5) terlepas dari itu pemerintah sebaiknya menyediakan alat transportasi yang murah dan tepat waktu.

Pendapat yang mendukung pada teks tersebut ditandai nomor .....




28. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan teks berikut!
(1) televisi adalah alat komunikasi satu arah jarak jauh yang berupa alat elektronik yang menampilkan suara dan gambar. (2) pelajar dapat mengambil manfaat dari alat ni berupa informasi yang ditayangkan. (3) contohnya, banyaknya stasiun televisi yang menyajikan program edukatif. (4) akan tetapi, tayangan televisi juga dapat merugikan pelajar karena dapat membuat mereka malas belajar.

Pendapat kontra pada kutipan teks tersebut ditandai nomor .....




29. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Ketua komisi X DPR, Rully Chaerul Azwar mengaku, sikap PSSI yang hanya meloloskan satu calon adalah sebuah keanehan dan tidak boleh terjadi. Adanya perbedaan yang kemudian terjadi. Adanya perbedaan yang kemudian terjadi menjelang kongres PSSI tidak berbeda. Keduanya sama-sama memegang aturan sendiri. Konflik terjadi karena perbedaan aturan itu. Yang satu pegang kitab ini, satu lagi berbeda. Jadi, tak ketemu. Permasalahan terjadi terkait rencana pemilihan ketum PSSI dalam kongres, menjadi runyam lantaran pemerintah dan PSSI sehingga yang ditonjolkan saling berbeda pemahaman.

Masalah untuk bahan diskusi yang paling tepat adalah .....




30. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan penggalan teks diskusi berikut!
Sebagian pelajar menganggap bahwa membaca komik tidak memiliki manfaat bagi mereka tidak ada ilmu yang dapat diambil dari membaca komik. Selain itu, menurut mereka, banyak komik berisi tentang hal-hal yang kurang mendidik, sehingga mereka lebih memilih bacaan lain yang menurutnya lebih berbobot.

Kekurangan yang terdapat dalam penggalan teks di atas adalah .....




31. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan kutipan berikut!
Andrea Hirata merupakan novelis yang produktif karena telah menghasilkan banyak novel yang berkualitas dan menarik. Kelimat persetujuan yang sesuai dengan pendapat tersebut adalah ....




32. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
Reni    : kurasa tak ada gunanya kita protes, kita sudah kalah. Bagi kita kepala sekolah kita bukan guru, bukan pendidik ia berlagak penguasa.
Kusni  : itu tafsiranmu, Ren. Menurut dia, tindakannya itu mendidik.
Amin   : mendidik, tetapi mendidik pemberontak. Bukan mendidik anaknya sendiri.
Kusni  : masak begitu?
Amin   : kalau mendidik anaknya sendiri bukan begitu caranya.
Kusni  : tentu saja tidak. Ia tidak bertindak
Reni    : sudahlah. Kalau menurut aku, sebaiknya kita protes diam. Kita mogok. Nanti Nanti kalau sekolah kita tutup tahun, kita semua diam.

Teks tersebut mempunyai kekurangan sebagai teks diskusi karena .....




33. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Cermatilah kutipan teks berikut!
(1) sekolah yang terbukti melakukan perpeloncoan terhadap siswa baru akan diberi sanksi. (2) sanksinya bisa sampai tahap penutupan sekolah. (3) peraturan ini membuat tenang siswa baru dan orang tua. (4) perpeloncoan pada saat ini sudah tidak relevan. (5) coba bayangkan anak baik disuruh melakukan layaknya anak tidak normal, misalnya menguncir rambut dengan tali plastik.

(6) masa orientasi sekolah yang sekarang disebut pengenalan lingkungan sekolah (PLS) merupakan kegiatan yang mengenalkan lingkungan baru kepada siswa baru. (7) siswa yang mengenal lingkungan dengan baik akan nyaman di tempat yang baru. (8) lingkungan yang diperkenalkan bukan saja lingkungan fisik, namun juga lingkungan sosial. (9) jangan sampai terjadi tidak nyaman di tempat yang baru karena tempat baru menjadi asing baginya.

Simpulan paragraf kedua teks tersebut adalah .....




34. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
(1) keberadaan polisi tidur di sekitar kita, mulai dari gang-gang sempit hingga jalan-jalan cukup besar kini menjadi fenomena. (2) sebagian kelompok masyarakat menganggap perlu dibuat polisi tidur. (3) sementara, kelompok masyarakat yang lain menganggap bahwa pembatan polisi tidur mengindikasikan kondisi masyarakat kita yang sakit. (4) pembuatan polisi tidur dijamin UU no. 22 tahun 2009. (5) polisi tidur merupakan alat pengendali dan pengaman pengguna jala. (6) maksud pembuatan polisi tidur pada mulanya sebagai pembatas kecepatan bagi kendaraan yang lewat. (7) tujuannya untuk keselamatan warga juga si pengendara. (8) harus diakui, polisi tidur menciptakan suasana keamanan jalan dan keselamatan lingkungan. (9) namun, acapkali masyarakat membuat polisi tidur secara berlebihan baik jarak yang terlalu dekat maupun tinggi gundukannya. (10) sebenarnya ketentuan mengenai pemasangan perlengkapan jalan pada jalan lingkungan tertentu diatur dengan peraturan daerah.

Pernyataan yang merupakan argumen pendukung pada teks tersebut adalah .....




35. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan biografi berikut!
Ari Wulandari, penulis novel kelahiran Tulung Agung, 11 Januari 1978. Lulusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini sekarang bekerja sebagai editor di Multivision Plus Jakarta. Ari wulandari senang menulis sejak kecil, karyanya berupa cerpen-cerpen yang pernah dimuat di beberapa media seperti, kawanku, gadis, dan aneka. Dia pernah meraih juara di berbagai perlombaan menulis novel tingkat nasional. Karya-karya novelnya antara lain metamorfosis, marya zitun, dan ketika merpati terbang rendah. Sebelum menghasilkan karya, ia banyak berlatih dan membaca buku.

Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah .....




36. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan biografi berikut!
Hamka lebih banyak belajar sendiri dan melakukan penyelidikan meliputi berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti falsafah, kesusastraan, sejarah, sosiologi, dan politik, sama ada islam ataupun barat. Dengan kemahiran bahasa arabnya yang tinggi, beliau dapat menyediliki karya ulama dan pujangga besar di Timur Tengah.

Melalui bahasa arab juga, beliau meneliti karya sarjana prancis, inggris, dan jerman seperti Albert Camus, William James, Freud, Toynbee, Jean Sartre, Karl Marx, dan Pierre Loti. Hamka juga rajin membaca dan bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh terkenal Jakarta seperti HOS Cokroaminoto, Raden Mas Surjopranoto, Haji Fakrudin, Sutan Mansur, dan Ki bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya sehingga mejadi seorang pemidato yang andal.

Sifat baik yang diteladani dari hamka adalah .....




37. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan teks biografi berikut!
Adi Sucipto lahir tanggal 4 Juli 1916 di Salatiga. Ia dikenal sebagai bapak penerbang pertama dan namanya dibadikan sebagai nama bandara di Yogyakarta. Sebagai seorang siswa, adisucipto dikenal cerdas dengan nilai sangat memuaskan. Adisucipto adalah satu-satunya orang indonesia yang mendapat brevet penerbang kelas atas saat itu. Setelah kemerdekaan, kondisi angkatan udara sangat memprihatinkan.

Tidak ada pilot, pesawat, dan dana. Hanya ada beberapa pesawat tua peningggalan jepang. Tetapi adisucipto tetap nekat dan berhasil menerbagkan pewasat tersebut dengan maksud memompa semangat juang rakyat. Tanggal 1 Desember 1945 Adisucipto dan Surjadu Suryadarma mendiirikan sekolah penerbang. Dengan situasi serba kekurangan ia merangkap sebagai instruktur dan dosen dengan bermodal pesawat tua.

Sikap yang dapat diteladani dari tokoh adisucipto adalah .....




Teks untuk nomor 38-39
Kiprah Wiliam Wongso tak hentinya berupa mengenalkan masakan sebagai wujud nasionalisme yang tinggi kepada bangsa indonesia. Sebenarnya, menjadi ahli kuliner yang memiliki pengetahuan luas tentang masakan bukan cita – cita lelaki yang lahir di malang dan dibesarkan di Surabaya itu. Wiliam kecil semula justru ingin menjadi dokter. Namun, ketertarikan pada bermacam – macam masakan indonesia dan kemudian mancanegara membuat ia berubah haluan. Apalagi, orang tuanya sejak kecil mengajarkan kepada Wiliam untuk selalu menikmati aneka masakan.

38. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Berdasarkan ilustrasi tersebut, keunggulan tokoh adalah .....




39. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Hal yang dapat diteladani dari tokoh Wiliam Wongso adalah .....




40. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
Agus Salim, lelaki kelahiran Agam, Sumatera Barat ini adalah negarawan dengan otak cemerlang. Dia banyak dipuji karena kemahirannya menguasai banyak bahasa. Dalam sejarah, Agus Salim pernah menjabat Menteri Luar Negeri Republik Indonesia ke-3 pada periode 3 Juli 1947 – 20 Desember 1949.

Makna kata yang dicetak miring pada teks tersebut adalah .....




41. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
(1) ketika mentari mulai menampakkan diri, laki – laki tua itu berangkat ke kota untuk mengadu nasib. (2) dibawanya beberapa alat pertukangan yang dimilikinya, seperti cangkul, sabit, dan gergaji. (3) ia tidak mau hanya berpangku tangan sambil menunggu tanaman padinya dipanen. (4) masa depan anak – anak menjadi penyemangatnya dalam mencari nafkah.

Variasi kalimat berikut yang sesuai dengan klimat berikut yang sesuai adalah .....




42. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan teks berikut!
Dalam cerita wayang jawa, ada sebuah keluarga yang memiliki karakter kuat yang disebut punakawan. Punakawan ini terdiri atas empat orang dan selalu dianggap sebagai pengikut jenaka dari pahlawan yang menjadi karakter utama sebuah cerita. Keempat orang ini adalah semar yang juga dikenal dengan nama Ki Lurah Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong. Semar sendiri sering digambarkan sebagai personifikasi dewa dan kadang – kadang digambarkan sebagai arwah penjaga dari pulau jawa itu sendiri.

Gagasan pokok teks tersebut adalah .....




Teks untuk nomor 43-44
Seekor keledai dituntun oleh pemiliknya melewati sebuah jalan yang sempit di pinggiran jurang. Sang keledai tiba- tiba memutuskan untuk tidak memedulikan tuntutan dari pemiliknya dan mencoba untuk memilih jalan yang ada di bawah jurang adalah dengan cara menuruni jurang tersebut. Saat dia ingin meloncat ke dalam jurang, pemiliknya dengan cepat menangkap ekornya dan menahan serta menarik mundur keledai tersebut agar tidak melompat ke dalam jurang, tetapi sang keledai tersebut agar tidak melompat ke dalam jurang, tetapi sang keledai yang keras kepala dan bodoh terus merota-ronta ingin melompat ke jurang, pemiliknya lalu berkata, "baiklah pergilah ke arah yang kamu mau, binatang bodoh, dan nanti kita lihat apa yang terjadi." Saat pemiliknya melepaskan ekornya, sang keledai melompat ke dalam jurang dan akhirnya meluncur sepanjang jurang yang terjadi dengan kaki di atas dan kepala dibawah, terbentur sepanjang dinding yang curam.

43. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah .....




44. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Tindakan terpuji pemilik keledai pada teks tersebut adalah .....




45. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan fabel berikut!
Suatu hari tikus-tikus berkumpul untuk mendiskusikan rencana yang akan membebaskan mereka dari cengkeraman ketakutan pada cakar kucing. Selama ini mereka selalu hidup bersembunyi dan begitu takut untuk keluar mencari makan, baik siang maupun malam hari. "Saya punya rencana yang mungkin terlihat sangat sederhana, tetapi saya jamin bisa berhasil. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah mengalungkan lonceng ke leher kucing itu,"kata tikus muda. "Betul rencanamu sangat bagus. Hanya satu pertanyaannya untuk rencana itu.

Siapa yang akan mengalungkan lonceng tersebut?"
tanya tikus tua. Kerbau pun meninggalkan monyet yang membohonginya itu. Saat sedang berjalan ia melihat buah apel yang membuat perutnya kelaparan, ia berusaha memanjat, namun gagal. Seekor musang datang dan mulai memanjat pohon untuk mengambil apel itu. "Hai musang! Itu apel milikku, tolong kembalikan!" kata kerbau yang sudah tak terima makan siangya karena diambil oleh seekor musang.

"Milikmu? Hahaha ..... jika ini memang milikmu mengapa engkau tidak mengambilnya?" jawab musang sambil menertawai Kerbau.

"itu karena .....eum ..... Karena eumm ....." Tambah kerbau yang tergesa – gesa menjawabnya. "Karena kau tidak bisa mengambilnyakan? Hahaha .....tubuhmu itu tidak akan mudah untuk mengambil makanan di tempat tinggi seperti ini," celetuk Musang sambil pergi meninggalkan kerbau.

Watak tokoh musang pada kutipan fabel tersebut adalah .....




46. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan fabel berikut!
Suatu hari tikus-tikus berkumpul untuk mendiskusikan rencana yang akan membebaskan mereka dari cengkeraman ketakutan pada cakar kucing. Selama ini mereka selalu hidup bersembunyi dan begitu takut untuk keluar mencari makan, baik siang maupun malam hari. "Saya punya rencana yang mungkin terlihat sangat sederhana, tetapi saya jamin bisa berhasil. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah mengalungkan lonceng ke leher kucing itu,"kata tikus muda. "Betul rencanamu sangat bagus. Hanya satu pertanyaannya untuk rencana itu. Siapa yang akan mengalungkan lonceng tersebut?" tanya tikus tua.

Makna simbol cengkeraman ketakutan pada kutipan fabel tersebut adalah .....




47. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dulu saat aku SD, si mbok telah mengajariku membatik. Aku sempat kesal karen goresanku tak sebagus milik si mbok. Banyak coretan yang tak sesuai pola. Namun, si mbok selalu sabar menuntunku mengikuti instruksinya. Si mbok memegangi tanganku lalu mencelupkan canthing ke dalam wajan berisi malan panas dan menggoreskannya di atas kain. Si mbok selalu mengatakan hal yang sama jika aku terus merajuk akibat batikku tak bagus. "tak apa kinanthi, coba lagi. Suatu hari nanti kamu akan menjadi pembatik yang handal."

Nilai moral yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah .....




48. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Perhatikan kutipan teks fabel berikut!
Hari itu terlihat anak gajah yang sedang kebingungan mencari ibunya yang hilang. Anak gajah itu bingung, kemana ia harus mencari ibunya yang hilang. Anak gajah itupun berjalan dengan kebingungan di tepi danau. Di danau itu terlihat seekor kancil yang sedang bermain sendirian. " Hei anak gajah. Kenapa kau sendirian dan sedang apa kau di sini?" tanya kancil kepada anak gajah itu. " aku sedang mencari ibuku yang hilang." Jawabnya dengan muka sedih. Kancil pun merasa kasihan terhadap anak gajah itu.

"aha ....., bagaimana kalau aku membantu mencari ibumu?" ujar kancil dengan tersenyum. Anak gajah itu mengangguk senang dan membalas senyuman si kancil. Akhirnya mereka berdua memutuskan pergi ke hutan untuk mencari ibu anak gajah itu.

Amanat kutipan teks fabel tersebut adalah .....




49. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Bacalah teks berikut!
Sambil istirahat di bawah pohon rindang, rasa lapar makan menjadi. Ingin rasanya dia sampai ke rumah, tapi jarak masih jauh. Dia pun membayangkan ketimun segar makanan kesukaannya. Terus kemudian berfikir, bagaimana caranya di mendapatkan ketimun tersebut. Sang kancil berpikir bagaimana meminta bantuan sang kerbau untuk mengambil ketimun milik pak tani dekat tempatnya istirahat.

Maka simbol kata yang ditulis miring pada teks tersebut adalah .....




50. Soal US-UM B.Indonesia SMP

Benar anakku. Jika suatu saat engkau di dalam masa-masa hidupmu, merasakan terhimpit suatu beban yang sangat berat ingatlah pelajaran tentang batu dan pohon ara itu. Segala kesulitan yang menindihmu, sebenarnya merupakan sebuah kesempatan bagimu untuk berakar, semakin kuat, bertumbuh, dan akhirnya tampil sebagai pemenang. Camkanlah, belum ada hingga saat ini benih pohon ara yang tertindih mati oleh bebatuan itu.

Jadi jika benih pohon ara yang demikian kecih saja diberikan kekuatan oleh Sang Khalik untuk dapat menyingkirkan batu di atasnya, bagaimana dengan kita ini. Dzat Yang Maha Perkasa itu bahkan sudah menanamkan keilahian-Nya pada diri-diri kita. Dan menjadikan kita, manusia ini jauh melebihi segala makhluk di muka bumi ini. Perhatikan kata-kata ini anaku. "Pahatkan pada loh-loh batu hatimu, sehingga engkau menjadi bijak dan tidak dipermainkan oleh hidup ini. Karena memang kita ditakdirkan menjadi tuan atas hidup kita."

Nilai agama dalam kutipan hikayat tersebut adalah...





Catatan Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2024 di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Belajar tanpa berpikir itu tidak berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangat berbahaya
Ir. Soekarno