Passing Grade Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri [PTN] Terbaru

Passing Grade Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri [PTN] Terbaru. Pak kenapa saya tidak lulus masuk universitas negeri?, padahal banyak soal yang saya kerjakan benar dan dikurangi banyak soal yang salah sudah melewati passing grade yang diberikan oleh bimbingan tempat saya belajar”

Pertanyaan di atas sudah sangat sering saya terima dari siswa-siswa di sekolah tempat saya mengajar atau dari siswa-siswa les privat saya. Apabila pertanyaan diatas ditanyakan siswa kepada saya, jawaban saya sederhana saja, “Tidak ada passing grade untuk masuk PTN”

Kenapa saya berikan jawaban yang demikian, logika berpikirnya sederhana saja.
Contoh:
Pada tahun 2008, Universitas Matematika menerima jurusan Statistika 40 orang [Daya Tampung 40 Orang]. Pada saat ujian yang mendaftar sebanyak 4000 orang dari seluruh Indonesia. Setelah Ujian selesai kemudian diurutkan dari nilai yang tertinggi sampai nilai yang terendah, dan yang berhasil lulus atau masuk Universitas Matematika Jurusan Statistika adalah 40 orang yang nilainya tertinggi atau ranking no.1 sampai ranking no.40.

Jadi tidak ada passing grade untuk masuk universitas negeri. Jika ada bimbingan belajar yang memberikan passing grade untuk masuk universitas negeri, saya rasa itu hanya target minimal dan apabila kita sampai pada target minimal tersebut, belum ada jaminan kita lulus juga berlaku sebaliknya.

Target minimal yang diberikan bimbingan itu sangat diperlukan biar kita mempunyai target/tujuan berapa soal yang harus kita jawab benar [kalau bisa sich semua]. Karena ujian mempunyai target adalah langkah pertama yang sangat bagus. Sama halnya dengan hidup yang mempunyai tujuan adalah Hidup yang Hidup.

Sebagai penutup, jadi yang kita lakukan setiap hari adalah berlatih dan berusaha membuat yang terbaik untuk diri kita, lingkungan, dan pencipta kita. Jika usaha yang kita lakukan atau pada saatnya nanti membuahkan hasil dengan kita masuk PTN yang kita inginkan, itu hanya karena Tuhan sudah kasih izin.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah Membangun Masa Depan;

You Might Also Like: