Peluang Ada Di Sekitar Kita

Masih ingat dengan cerita motivasi lama ini:
Dikisahkan di suatu tempat di negeri cina, hidup seorang pengemis tua yang sangat sengsara dalam hidupnya. Setiap hari pekerjaanya mengemis dan hasilnya hanya cukup untuk makan dirinya bahkan sering hanya makan satu kali dalam sehari.

Seorang dokter setiap hari melewati pengemis tersebut dan sering memberi uang logam kepada pengemis tua tersebut. Sering terpikir oleh pengemis tua tersebut, alangkah enaknya orang yang hidup berkecukupan apa lagi kaya. Banyak orang yang bisa dia bantu.

Suatu saat dokter tersebut lewat dan pengemis tua nampak sedang terbaring. Dokter tersebut menghampiri pengemis tersebut. Ternyata pengemis tersebut sudah meninggal dunia..

Ada hal yang menarik perhatian dokter, yaitu mangkuk yang digunakan oleh pegemis untuk mengemis setiap hari.. karna penasaran dokter tersebut menanyakan kepada ahli arkeologi.. alhasil ternyata mangkok tersebut sudah berumur ratusan tahun dan kalau di jual nilainya miliaran rupiah…

Apa yang bisa kita petik dari cerita tersebut ...
mungkin kita selama ini sibuk mencari peluang di sana sini ternyata peluang ada di depan kita dan kita tidak tahu.


Sekarang, cerita itu bukan lagi sebuah dongeng atau mitos atau apalah jenisnya yang menyatakan suatu cerita bukan sebuah kenyataan karena dari yang saya baca di kompas.com, judulnya "Dikira Sampah, Mangkuk Antik Laku Rp 21,6 Miliar". Perbedaannya dengan cerita diatas adalah yang mengalaminya, di berita ini dikatakan yang mengalami hal tersebut adalah sebuah keluarga di New york atau ini beritanya untuk lebih jelas.

Sampah bagi seseorang mungkin saja merupakan harta bagi orang lain. Sebuah keluarga di New York, yang tidak disebutkan namanya, iseng membeli sebuah mangkuk seharga beberapa dollar AS pada tahun 2007.

Mangkuk itu dibeli di sebuah acara bersih-bersih barang yang sudah tidak terpakai lagi dari sebuah rumah. Setelah berkonsultasi dengan ahli keramik, ternyata mangkuk itu merupakan mangkuk keramik antik bernilai tinggi yang berasal dari Dinasti Song Utara di China. Usianya pun sudah lebih dari 1.000 tahun.

Setelah mengetahui mendapatkan barang berharga, pemiliknya melelang mangkuk itu di balai lelang Sotheby’s. Pada awalnya, Sotheby’s memperkirakan dapat menjual mangkuk itu pada kisaran harga 200.000-300.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar-Rp 2,9 miliar. Ternyata, seorang pedagang barang antik dari London rela merogoh koceknya dan membayar mangkuk itu seharga 2,225 juta dollar AS atau sekitar Rp 21,6 miliar.

Sotheby’s mengatakan hanya mengetahui ada satu mangkuk lain yang hampir identik dan berukuran sama, yakni berdiameter 12,7 sentimeter, seperti mangkuk itu. Mangkuk dengan ukuran serupa itu sudah menjadi koleksi British Museum di London selama lebih dari 60 tahun.

Sekarang lihat sekeliling Anda, periksa dengan seksama dan pelajari. Peluang Anda untuk bisa menghasilkan sesuatu ada disekitar Anda, Ingat untuk meneliti sebuah keramik itu apakah sesuatu yang berharga bukanlah suatu hal yang mudah.

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Bagaiamana kisah sukses Cristiano Ronaldo mungkin bisa kita jadikan pelajaran yang berharga;

You Might Also Like: