--> Skip to main content

Buku Soal dan Pembahasan Matematika Dasar dan Matematika IPA SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009-2019

Calon guru berbagi informasi Buku Soal dan Pembahasan SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009 - 2019. Buku Soal dan Pembahasan SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009 - 2019 ini khusus membahas matematika dasar dan matematika IPA.

Cerita buku kali ini untuk memperingati Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 mei, dan Buku Soal dan Pembahasan SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009 - 2019 ini merupakan buku yang terakhir di beli dalam waktu 30 hari terakhir, jadi masih cocok untuk diceritakan sedikit isinya.

Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei, merupakan momen bersejarah yang bertepatan dengan berdirinya Perpustakaan Nasional pada 17 Mei 1980. Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar mencanangkan tanggal 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional. Tujuan dari adanya Hari Buku ini guna memacu minat baca masyarakat Indonesia, sekaligus menaikkan penjualan buku.

Untuk tingkat dunia, hari buku jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO, yang disebut dengan World Book Day.

Dari informasi yang dibagikan pada laman facebook Ditjen GTK Kemdikbud RI (https://web.facebook.com/ditjen.gtk.kemdikbud/) dikatakan bahwa:
Sejumlah data menunjukkan masih perlu diperbaikinya dari segi literasi bagi kita warga bangsa Indonesia. Menurut data Most Littered Nation In the World yang dikeluarkan UNESCO tahun 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara.

Seperti diketahui salah satu indikator yang menjadi acuan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah Programme for International Student Assessment (PISA). PISA sebagai metode penilaian internasional merupakan indikator untuk mengukur kompetensi siswa Indonesia di tingkat global.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mencatat, peringkat nilai PISA Indonesia berdasarkan survei tahun 2018 adalah: Membaca (peringkat 72 dari 77 negara), Matematika (Peringkat 72 dari 78 negara), dan Sains (peringkat 70 dari 78 negara).

Nilai PISA Indonesia juga cenderung stagnan dalam 10-15 tahun terakhir. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan penggantian Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum, yang nantinya akan berfokus pada literasi, numerasi, pendidikan karakter.
.
"Mungkinkah ini kesempatan untuk mengejar konsep-konsep mendasar yang tadinya tertinggal. Daripada kejar tayang semua topik. Mungkin ini kesempatan emas untuk menguatkan konsep-konsep fundamental yang mendasari kemampuan murid-murid untuk bisa sukses di mata pelajaran apa pun. Contohnya seperti literasi, numerasi, pendidikan karakter," ungkap Mendikbud Nadiem Makarim di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Cerita tentang Buku Soal dan Pembahasan Matematika Dasar dan Matematika IPA SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009 - 2019 ini salah satu tujuannya adalah sama seperti salah satu tujuan dari dicanangkanya hari buku yaitu memacu minat baca masyarakat Indonesia, sekaligus menaikkan penjualan buku.

Buku Soal dan Pembahasan Matematika Dasar dan Matematika IPA SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009 - 2019 dari segi tampilan sangat elegan. Pemilihan warna hijau (matematika dasar) dan merah (matematika ipa) yang soft sangat tepat, sehingga ketika membaca mata tidak tidak cepat lelah karena setiap lembar diberikan sedikit sentuhan warna.

Untuk masalah isi, sebenarnya ini tidak perlu diragukan lagi, karena sebelum buku ini dicetak atau diperjualbelikan, kita sudah mengenal orang-orang dibalik layar sehingga terciptanya buku ini.

Sepak terjang para penulis buku ini di dunia pembahasan soal-soal Ujian Nasional atau soal masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah banyak makan garam, baik itu secara online ataupun offline.

Soal-soal Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) termasuk soal-soal seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri paling kreatif. Untuk menyelesaikan soal SIMAK UI mengetahui teorema saja tidak cukup, dibutuhkan kreatifitas, dan dibuku ini semua kreatifitas dalam menjawab soal ditunjukkan.

Sehingga buku ini sangat baik dijadikan "Buku Sakti" oleh para pejuang PTN untuk tahun 2020 atau tahun-tahun berikutnya, karena soal-soal SIMAK UI yang sudah diujikan tahun ini atau tahun kemarin, sering dipilih kembali menjadi salah satu soal seleksi masuk PTN yang dilaksanakan secara bersama atau mandiri.

Jika pendapat di atas masih kurang mendukung, berikut kita tampilkan beberapa review atau pendapat mengenai buku ini dari orang-orang yang sudah berkompeten pada dunia pendidikan. Kita pilih dua pendapat yang kita ambil dari sampul halaman belakang buku:

Dr. Kasiyah, M.Sc - Dosen Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Indonesia
Setia soal diulas dengan langkah-langkah logis diserta rumus dan konsep dasar yang relevan. Buku ini membantu siswa membangun keterampilan soal secara bermakna.

Syawaludin, SE. Ak, SH.Me - Dosen Fakultas Vokasi UI dan Presiden Fres-Ta Grup
SIMAK UI mempunyai tipe soal dengan kesulitan tinggi dibandingkan dengan soal-soal ujian masuk perguruan tingi negeri lainnya. Siapa yang menguasai soal-soal SIMAK UI, dia bisa masuk di ujian PTN manapun. Perlu pengetahuan dan persiapan yang matang agar lulus dalam ujian SIMAK UI tersebut. Buku ini membantu kamu mewujudkan mimpi masuk UI dan PTN lainnya.

Cerita buku ini sepertinya kurang lengkap kalau kita tidak memperkenalkan para penulis dan orang-orang yang bertanggung jawab, sehingga buku ini bisa sampai ke tangan kita.

Suhariadi, S.Si, M.Pd (Kak Bho)
Lahir di Jakarta, 19 Juni 1980. Menamatkan sekolah di SMA 28 Jakarta, Sarjana Matematika di UI dan Magister Pendidikan MIPA di Unindra, PGRI. Tahun 2006-2016, penulis menjadi analisi indikator kemiskinan makro di Badan Pusat Statistika. Saat ini, selain kesibukannya sebagai kasubbid Keasdepan KOmpensasi Sosial di Kemenko PMK RI, penulis juga aktif menjadi pelatuh Olimpiade Matematika dan aktif mengelola forum diksusi matematika di www.mathsolar.com

Drs. Dadang Ridwan (Kak dadang)
Lahir di Jakarta, 15 April 1968. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah di SMA 8 Jakarta, melanjutkan studi di jurusan matematika FMIPA Universitas Indonesia. Mengajar matematika di BTA sejak tahun 1990 hingga sekarang. Mengajar mata kuliah Matematika Dasar di Universitas Gunadarma periode 1993-2003. Saat ini, menjabat sebagai Direktur Operasional BTA-Group Jakarta

Indra Adhitya, S.Si, M.Ti (Kak Indra)
Lahir di Jakarta, 27 September 1982. Setelah tamat SMAN 52 Jakarta, melanjutkan S1 Matematika FMIPA-UI dan S2 Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer UI. Saat ini penulis aktif mengajar di Makara Insani dan pendalaman materi di SMAN 13, SMAN 30, SMAN 45, SMAN 68, SMAN 77, Jakarta.

Isbandi Anang Tatur, S.Si (pak Anang)
Lahir di Trenggalek, 4 April 1985. Menamtkan pendidikan jenjang menengah di SMAN 1 Trenggalek dan memperoleh gelar sarjana Matematika dari ITS Surabaya. Selain kesibukan menjadi pengajar di SMAN 1 Kedamean, Gresik, penulis juga aktif mengelola blog pak-anang.blogspot.com serta menjadi salah satu pengurus pusat PP Matematika Nusantara (MN) yang mewadahi guru-guru Matematika se-Nusantara

Dari perkenalan singkat dengan para penulis buku ini, masih ada yang ragu dengan kualitas buku ini. Selain kualitas dan tampilan yang premium, harga buku ini juga tergolong freemium, karena hanya dibanderol dengan Rp75.000,00 untuk satu buku, beli dua tingga kali dua jadi Rp150.000,00 belum termasuk ongkos kirim pastinya. Untuk cek Ongkos kirim dapat dicek di web JNT dan buku dikirim dari Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Untuk memesan buku ini caranya gampang, bisa langsung pesan kepada penulis Pak Anang melalui telegram beliau pada tautan t.me/anangmath atau melalui Whatsapp di nomor 08563393570. Bisa juga pesan melalui kami admin blog defantri.com melalui WhatsApp di nomor 081396092020, admin siap membantu dalam pemesanan bukunya.

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Buku Soal dan Pembahasan Matematika Dasar dan Matematika IPA SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009 - 2019 silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Belajar Mengenal dan Memahami Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) UTBK SBMPTN 2019;
youtube image

Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Buku Soal dan Pembahasan Matematika Dasar dan Matematika IPA SIMAK UI Semua Kode Tahun 2009-2019" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih 🙏 support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar