Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)

Calon guru belajar Bahasa Indonesia dari Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024. Soal latihan ini dapat kita gunakan sebagai simulasi dalam persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US) atau Ujian Madrasah (UM) Sekolah Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi US (Ujian Sekolah) Bahasa Indonesia SD/MI kelas 6 (Enam), kalian sebaiknya meluangkan waktu untuk belajar dan mencoba soal-soal latihan. Kalian juga bisa meminta bantuan guru atau orang tua untuk menjelaskan konsep yang sulit kalian pahami. Untuk bahan latihan, soal-soal di bawah ini bisa menjadi salah satu bahan latihan.


Soal US (Ujian Sekolah) - UM (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024

Soal latihan US (Ujian Sekolah) Bahasa Indonesia SD/MI kelas 6 (Enam) berikut ini, silahkan dikerjakan terlebih dahulu secara mandiri sebelum membuka buku atau sumber lain untuk melihat pembahasan soal. Setelah selesai silahkan cek jawaban. Jika hasilnya belum memuaskan silahkan dicoba lagi tes ulang.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :40 soal
Petunjuk Pengerjaan Soal:
Bentuk soal pilihan ganda, pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Kamu merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, maka pilihlah yang paling benar.

1. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks berikut ini!
Jauh hari sebelum musim hujan tiba sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan setiap musim penghujan tiba. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemerintah DKI mempelajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...




2. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Kita harus menjaga kebersihan lingkungan. Jika lingkungan bersih memungkinkan warga hidup sehat. Jaga kebersihan halaman rumah dan selokan. Kubur benda-benda yang dapat menjadi tempat air menggenang. Pilah sampah berdasarkan jenisnya. Buanglah sampah di tempat sampah sesuai jenisnya.

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ...




3. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Cermati petunjuk penggunaan rice cooker yang diacak berikut!
  1. Angkat nasi setelah 30 menit.
  2. Masukkan beras yang telah dicuci ditambah air secukupnya.
  3. Tekan tombol on atau tomol power.
  4. Cuci beras hinnga bersih.
  5. Sambungkan rice cooker dengan stopkontak.
Urutan tepat petunjuk penggunaan rice cooker adalah ….




4. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah kutipan cerita berikut dengan seksama!
Dahulu di pantai Air Manis ada seorang anak bernama Sutan Muda. Di antara banyak anak yang sibuk menyelam, mencari ikan, dan berdagang. Sutan Muda sibuk belajar. Sutan Muda sangat senang membaca buku walaupun buku yang dibacanya tidak banyak. Sesudah membantu ibunya menjual ikan, Sutan Muda pasti melanjutkan kegemarannya membaca buku.

Kegemaran membaca buku diteruskan sampai dia beranjak dewasa. Banyak orang yang menertawakannya. Bahkan teman-temannya pun mengucilkannya.

“Zaman sekarang tidak ada gunanya belajar, Tan. Yang penting adalah bekerja mencari uang sebanyak-banyaknya supaya hidupmu bahagia.” “Kamu tidak sadar diri ya, Tan. Kita ini anak pesisir, ditakdirkan untuk menjadi nelayan. Kamu tidak boleh mengingkari takdir Tuhan. Nanti kamu akan kena batunya!”

Namun Sutan Muda tidak menghiraukan temannya. Dia bercita-cita memiliki kehidupan yang lebih baik.

Nilai moral positif dalam cerita tersebut adalah …




5. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah puisi berikut ini dengan seksama!

KARANGAN BUNGA
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang tertembak mati
Sore tadi

Amanat puisi tersebut adalah …




6. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks berikut!
Belanja online merupakan kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Dengan meningkatnya usaha dagang online yang merebak di Indonesia, ditambah kecanggihan teknologi mendatangkan banyak kemudahan bagi pihak produsen maupun konsumen. Melalui online-shop, pembeli tidak perlu susah payah mendatangi toko, namun cukup melihat dan bertransaksi melalui smartphone. Namun tetap saja, dibalik kemudahan dan kecepatan, belanja online mempunyai dampak positif maupun negatif yang dirasakan oleh pengguna.

Informasi tersurat teks tersebut adalah …




7. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Cermati kedua teks berikut!

Teks 1
Mala mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia belajar dengan rajin. Setiap hari ia mulai belajar pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.30 WIB. Biasanya ia belajar ditemani ibunya. Ia berharap dalam ujian nanti, ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga diterima di SMP favorit di kotanya.

Teks 2
Ahmad masih duduk di kelas V. Ia anak yang pandai. Setiap tahun ia menjadi juara di kelasnya. Ia tidak pernah malu bertanya apabila ada materi pelajaran yang belum ia mengerti. Saat ini ia sedang sibuk belajar menghadapi Penilaian Akhir Tahun. Pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapatkan nilai terbaik agar dapat membahagiakan ibunya.

Persamaan kedua teks tersebut adalah .…




8. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah kutipan cerita rakyat berikut!
Konon di sebuah desa ada seorang saudagar yang kaya raya. Dia mempunyai tiga orang putri. Ketiganya berparas cantik. Si Sulung memiliki tubuh ramping. Dia senang sekali memakai baju yang bagus-bagus. Putrinya yang kedua mempunyai kulit yang halus lembut. Dia suka memakai perhiasan yang indah. Sedangkan si Bungsu suaranya sangat merdu. Dia hanya suka bernyanyi dan tidak suka kemewahan. Sifatnya juga lemah lembut. Dia sayang sekali kepada ayahnya.

Perbedaan watak antara si Sulung dan si Bunsgu adalah ....




9. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah paragraf berikut ini!
Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma sloagan semata. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat dan budaya tetapi semua hidup rukun berdampingan. Karena itu kebergaman dan perbedaan hendaknya dijadikan sebagai kekuatan bukan kelemahan.

Pokok pikiran paragraf tersebut adalah …




10. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Siswa SD Teladan sedang melaksanakan upacara bendera. Upacara tersebut dilaksanakan di halaman sekolah. Mereka melaksanakan kegiatan tersebut dengan tertib.

Kalimat tanya yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …




11. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Sudah tiga hari Tuti selalu terlambat datang ke sekolah. Pak Rudi, guru kelas VI merasa heran dengan keadaan Tuti akhir-akhir ini. Ingin sekali Pak Rudi mengetahui alasan Tuti selalu terlambat. Akhirnya Pak Rudi pun bertanya, […]

Kalimat tanya yang paling tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah …




12. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks berikut!
Hujan asam merupakan hujan yang sudah bercampur dengan gas buangan kendaraan bermotor dan asap pabrik. Gas-gas yang bercampur dengan air hujan ini membuat air hujan memiliki sifat asam. Hujan asam dapat merusak pohon, bangunan, bahkan batuan sekalipun. Hujan asam juga dapat meracuni habitat yang ada di sungai dan danau.

Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah …




13. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Cermati gambar iklan berikut!
Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)
Kalimat yang paling sesuai untuk melengkapi iklan tersebut adalah …




Bacalah teks berikut ini untuk soal nomor 14 dan 15!
Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, pada 21 April 1879. Pahlawan Nasional Indonesia ini merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang Bupati Jepara.

Raden Ajeng Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School) hingga usia 12 tahun. Di sekolah, Raden Ajeng Kartini belajar antara lain bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal dan belajar sendiri di rumah karena dipingit.

Raden Ajeng Kartini bisa berbahasa Belanda, di rumah ia belajar membaca, dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa yang dibacanya, Raden Ajeng Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Kemudian sahabat Raden Ajeng Kartini yang ada di Belanda mengumpulkan tulisan-tulisannya, lalu menerbitkannya dalam buku berjudul 'Door Duisternis tot Licht' atau Habis Gelap Terbitlah Terang.
Dikutip dari https://news.detik.com

14. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Di mana Raden Ajeng Kartini dilahirkan?




15. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Mengapa Raden Ajeng Kartini bisa belajar sendiri di rumah?




16. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah pantun berikut!

Jangan kamu menyimpan dendam
Karena justru menjadi luka
Hewan apa bergigi tajam
Jika berjemur mulut terbuka

Jenis pantun tersebut adalah ….




17. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah pantun berikut ini dengan cermat!

Mancing di sungai dapat sepat
Pulang ke rumah habis umpan
Carilah ilmu sampai dapat
Jangan sampai putus harapan

Amanat yang terkandung dalam pantun tersebut adalah …




18. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Cermati teks laporan berikut!
Para siswa kelas VI SD Nusantara mendapat tugas mengamati kegiatan Pameran Teknologi. Pameran dilaksanakan di Gedung Nasional Indonesia pada hari Kamis, 5 Maret 2020. Para siswa mengamati berbagai jenis barang-barang canggih hasil teknologi terkini. […] Dengan demikian, siswa dengan mudah mencatat informasi yang diperlukan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks laporan tersebut adalah …




19. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan kutipan teks deskripsi acak berikut!
  1. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies.
  2. Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
  3. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.
  4. Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….




20. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Cermati teks undangan berikut ini!
Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks undangan tersebut adalah …




21. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah paragraf berikut!
Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain dan terjadilah penyerbukan.

Letak pokok pikiran teks tersebut pada kalimat ....




22. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
  1. Sungai-sungai sudah tercemari oleh limbah-limbah pabrik yang mengandung banyak zat kmia yang bisa mengotori kejernihan air.
  2. Air bersih juga menghasilkan oksigen dan memberikan nutrisi bagi tumbuhan yang akan menghasilkan oksigen.
  3. Air bersih juga dapat memberikan nutrisi bagi tumbuhan yang akan menghasilkan udara bersih.
  4. Air juga sangat penting dalam terciptanya kesegaran dan kebersihan udara.
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan susunan ....




23. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah paragraf berikut!
Bunglon menyesuaikan diri dengan cara mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan ini membuat bunglon mampu membaur dengan lingkungannya.

Bagaimana bunglon menyesuaikan diri dengan lingkungannya?




24. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan kalimat berikut!
Pada hari Minggu Tini membantu ibu membuat es doger.

Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban kata yang bercetak miring adalah …




25. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan kalimat berikut!
  1. Pemberian penghargaan dapat menstimulus semangat berkarya pemuda.
  2. Kurangnya apresiasi, mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.
  3. Reihan menabung dengan tujuan ingin membeli sepeda baru.
  4. Bu Widya menyeduhkan teh yang sangat manis sekali ke dalam cangkir.
Kalimat tidak efektif ditunjukkan pada kalimat nomor ....




26. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Topik : Rangkaian paralel pada lampu lalu lintas

Teks eksplanasi tentang rangkaian seri dan paralel pada lampu lalu lintas adalah ....




27. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan kalimat berikut ini!
  1. Edo membeli obat di apotek.
  2. Kakek itu mempunyai karisma yang tinggi.
  3. Energi diperlukan untuk menjalani aktifitas sehari-hari.
  4. Semakin hari masalah ini semakin kompleks.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku ditunjukkan pada nomor ....




28. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan gambar berikut!
Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)
Peristiwa dalam gambar tersebut dapat dijelaskan dengan paragraf …




29. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan formulir biodata berikut!
Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)
Lani ingin mengisi biodata. Data isian yang tepat untuk mengisi bagian yang ditandai dengan tanda silang (x) adalah ....




30. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan data pengirim wesel pos berikut!
  1. Tiga ratus lima puluh ribu rupiah.
  2. Pengirim Dayu
  3. Penerbit Majalah Supermantap
  4. 15 April 2020
  5. Rp350.000,00
  6. Untuk membayar Majalah Supermantap selama 1 tahun (April 2020-Mei 2021)
Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)
Urutan pengisian wesel pos yang tepat sesuai data tersebut adalah ....




31. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah informasi berikut!
  1. Sampah yang kita hasilkan dalam sehari cukup banyak.
  2. Penumpukan sampah dapat menyebabkan timbulnya penyakit.
  3. Proses daur ulang dapat menjadi alternatif pengolahan sampah.
Judul teks non fiksi yang sesuai dengan informasi tersebut adalah ....




32. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan gambar berikut!
Soal TO Ujian Sekolah (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (C)
Paragraf yang menjelaskan tentang “Kenakalan remaja” adalah ...




33. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan paragraf berikut!
(1) Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. (2) Hak ini dapat diperoleh warga negara Indonesia salah satu dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. (3) Perlindungan hukum juga bisa diberikan atas kekayaan intelektual seseorang seperti hak cipta. (4) Sebagai contoh, hak cipta dalam penerbitan buku.

Kalimat utama pada paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor ….




34. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah paragraf berikut!
Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...




35. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks pidato rumpang berikut!
Anak-anak sekalian. Kemerdekaan telah diperjuangkan oleh para pahlawan. Begitu banyak pengorbanan mereka, mulai harta, jiwa dan raga. Sebagai siswa, kalian harus menghargai jasa para pahlawan dengan ikut membangun bangsa dengan cara [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato rumpang tersebut adalah ....




36. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks pidato berikut!
Anak-anak yang saya sayangi.
Buku ternyata jendela dunia, jika kita ingin menjadi anak yang kreatif, cerdas dan berwawasan yang luas, kita harus rajin membaca buku. Oleh karena itu pergunakanlah waktu istirahat di sekolah untuk membaca buku di perpustakaan.

Isi Pidato tersebut adalah ...




37. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah paragraf berikut!
Salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah keragaman satwa. Beberapa satwa tersebut dikategorikan sebagai satwa langka karena hanya hidup di Indonesia. Satwa langka tersebut, misalnya komodo dan anoa.

Makna kata langka pada paragraf tersebut adalah ... .




38. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah paragraf berikut!
Kebencian Pangeran Diponegoro terhadap Belanda memuncak ketika Belanda mengangkat Patih Danurejo untuk menjalankan pemerintahan di Kesultanan Yogyakarta. Selanjutnya, atas perintah Patih Danurejo, tanah Diponegoro di Tegalrejo dipasang patok tanpa izin untuk dijadikan jalan. Pangeran Diponegoro sangat marah karena di tanah itu terletak makam leluhurnya. Oleh karena itu, Pangeran Diponegoro mencabut semua patok dan mengganti dengan bambu runcing sebagai simbol perlawanan.

Apakah informasi penting dalam paragraf tersebut?




39. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah cerita berikut!
Si Pandir dan Seekor Kuda
Ada seorang anak bermana si Pandir. Ia mempunyai seekor kuda. Sudah lama si Pandir ingin mengembara. Ia ingin mengembara bersama kudanya.

Dengan perlengkapan seadanya, si Pandir berangkat mengembara. Dengan menaiki kudanya, si Pandir keluar masuk kampung. Ia tidak mengenal lelah. Ia sangat bersemangat melakukan perjalanan itu.

Perjalanan si Pandir sampailah di tepi pantai yang sepi. Semangat Pandir tidak pernah surut. Ia menyusuri pantai itu. Harapannya ia akan menemukan tempat yang menyenangkan

Watak tokoh utama cerita tersebut adalah ....




40. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah penggalan cerita berikut!
Ia segera memberi perintah membangunkan semua gadis di sekitar Prambanan. Mereka diperintahkan memukul lesung seolah-olah sedang menumbuk padi. Suara lesung yang bertalu-talu itu membuat ayam-ayam jantan itu mengira fajar telah tiba.

Latar waktu tersirat dari kalimat-kalimat tersebut adalah ....





Catatan Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apa pun untuk dimakan.
Soekarno