37 Catatan Motivasi Sony Sugema Biar Belajar Semangat Terus

Semangat belajar bisa saja turun tanpa kita sadari sehingga kita seperti kehilangan arah. Apalagi untuk anak-anak kelas XII (duabelas), kehilangan semangat belajar itu sangat berbahaya. Karena waktu terus berjalan dan kawan-kawan kita yang tidak kehilangan semangat belajar, terus mempersiapkan diri berinvestasi setidaknya 3-5 soal setiap hari demi sebuah kursi di PTN yang dinanti.

Kehilangan semangat belajar itu adalah hal yang biasa terjadi, yang paling penting adalah bagaimana cara kita mengembalikan semangat itu kembali. Karena faktor penyebab hilangnya semangat belajar itu bermacam-macam maka pemulihannya pun pasti berbeda-beda juga. Tetapi ada cara yang paling efektif dan murah meriah menurut para ahli untuk mengembalikan semangat belajar atau bekerja, yaitu membaca.

Membaca hal-hal baik atau buku-buku motivasi, buku sukses story dari orang-orang yang sudah berpengalaman umumnya lebih efektif dalam mengembalikan semangat belajar. Bacaan berikut bisa jadi alternatif "37 Catatan Motivasi Sony Sugema Biar Belajarnya Semangat Terus" mudah-mudahan bisa mempertahankan semangat belajar tetap tinggi, terkhusus kepada kita yang masih tergolong pelajar.
  1. Banyak pejabat tinggi ditangkap KPK?
    Kerja keras dan ilmu yang tinggi bisa membuat seseorang begitu sukses, namun karakater yang buruk bisa menghempaskan semua keberhasilannya.
    Jadi ingat motto di SMA-ku dulu, Knowledge is Power but Character is More
  2. Pada proses pembelajaran adalah hal yang wajar jika materi yang baru terasa sulit dan berat.
    Pada saat kelas 1 SD, penjumlahan terasa berat dan menantang. Namun seiring waktu dan telah terbiasanya penjumlahan dilakukan maka hal itu menjadi mudah dan tidak menantang lagi. Namun pada kelas selanjunya ketika bertemu perkalian, siswa merasa berat kembali sampai akhirnya terbiasa. Pada saat di SMP, dia akan tersenyum mengingat mengapa dulu perkalian terasa begitu sulit.
    Dan begitulah seterusnya seseorang akan terus medapat sesuatu yang baru yang sulit dan menantang namun jika terus ditekuni dan terbiasa maka hal itu akan menjadi terasa mudah dan tidak lagi menantang sampai ia masuk ke level berikutnya.
    Intinya jangan menyerah pada hal baru yang sulit. itu hal biasa. Semua butuh waktu dan bisa dimengerti secara bertahap.
    Hidup adalah proses pembelajaran dan petulangan tiada henti, dimana kita akan selalu menemukan hal baru, misteri yang baru yang menantang kita untuk mempelajarinya.
  3. Fokuslah terus pada alternatif-alternatif penyelesaian masalah. Bukan fokus membayangkan kemungkinan-kemungkinan keadaan yang makin buruk.
    Jika terus menerus mengikuti hawa nafsu untuk kebahagian sesaat maka penderitaan demi penderitaan akan terus berdatangan, namun jika terus berjuang walau menderita maka kebahagian demi kebahagian akan terus berdatangan
  4. Seseorang belum merasakan arti hidup sebenarnya sampai dia betul-betul banyak mengalami banyak penyesalan dalam hidupnya. dan hal itu bukan tentang cobaan-cobaan yang menimpanya tapi tentang apa-apa yang seharusnya dilakukannya sejak dulu.
  5. Cobaan yang tidak menantang tidak bisa merubah seseorang. Oleh karena itu cobaan akan diberikan sesuai kadar kemampuannya namun pasti cukup menantang agar terjadi perubahan menuju kebaikan.
  6. Bahagia dibeli dengan rasa sakit. Siapa yang bersabar menahan rasa sakit dia pasti mendapatkan kebahagaiaan.
  7. Jika ingin menilai seseorang, ukurannya bukan seberapa hebat dirinya sekarang, tapi seberapa hebat cita-cita dan kesungguhannya!
  8. Cobaan tidak akan sampai menghancurkan seseorang justru cobaan akan membuat dirinya lebih kuat dan tangguh... Selama semua itu dilalui dengan sabar dan ikhlas, biasanya cobaan tidak sedahsyat yang dibayangkan... Yang terpenting jangan sampai hilang keyakinan dan harapan.. Bukankah selama ini pun banyak cobaan juga telah dilalui? Konsentrasi terus pada solusi bukan pada bayangan masalah yang terjadi.. Ya Allah janganlah Engkau beri cobaan yang kami tidak sanggup memikulnya.. Tiada kekuatan kecuali dari-Mu semata...
  9. Semua masalah berakar pada tindakan berlebihan.. Tindakan berlebihan karena tidak mampu mengontrol hawa nafsu.. Bencana, penyakit dibuat sendiri oleh manusia karena tindakannya yang berlebihan...
  10. Apa artinya seseorang yang kelihatannya keren saat ini namun tidak punya cita-cita yang tinggi? Dia akan tergusur waktu dan terlupakan.... Selama seseorang mau bersakit-sakit dahulu dia akan terus mendaki, Pada saat ia mulai berhenti berkarya ia mulai menurun... Puncak sukses setiap orang berbeda-beda tergantung sejauh mana dia mau berkorban dan terus mendaki...
  11. Penyelesaian masalah selalu ada, namun tidak pernah datang sendiri. Dia harus dijemput.. Dan pemalas akan selalu dirundung masalah karena solusi tidak akan pernah datang sendiri.
  12. Serombongan katak berlomba. Dalam perlombaan banyak penonton yang mengejek dan mentertawakan peserta.. Hal itu membuat banyak peserta terdemotivasi.. Namun ada satu katak yang terus melaju dan akhirnya sampai di finish.. Ternyata sang katak pemenang adalah katak yang TULI... Jangan dengarkan siapapun yang mengatakan dirimu tidak pantas untuk sukses!
  13. Guru dari seorang pemegang medali emas olimpiade yang efektif biasanya juga adalah juga pemegang medali emas generasi sebelumnya. Sukses tidak bisa hanya diajarkan namun dicontohkan
  14. Terus meneruslah berbuat kebaikan, selagi mampu, karena sering kali kabaikan itulah yang menolong kita di kala kita dalam kesulitan yang sangat.
  15. Orang-orang sukses tingkat dunia tidak pernah menjadikan uang sebagai sumber motivasi mereka.. Mereka tahu hal itu justru hanya akan membuat mereka menjadi kerdil dan tidak akan membuat mereka menjadi yang terbaik di tingkat dunia... Mereka butuh sumber motivasi yang lebih hebat dari sekedar ukuran uang yang bisa menjadi sumber motivasi dalam jangka panjang... Sumber motivasi mereka adalah keinginan untuk berkarya melahirkan hal-hal yang tiada pernah terfikirkan sebelumnya, mencatat sejarah baru dalam peradaban manusia, melakukan yang terbaik, mengalahkan setiap sukses yang pernah diraihnya sendiri
  16. Kita bisa terus menunda kapan saatnya untuk menyelesaikan sebuah masalah sampai merasa siap.. Namun masalah akan tetap datang pada waktunya dan tiada akan peduli tentang kesiapan seseorang... Dan adalah suatu tragedi yang memilukan pada saat sesorang mendapat masalah namun dia tidak mempersiapkan diri sama sekali untuk menghadapinya.
  17. Kehebatan fisik seseorang pasti akan berkurang seiring dengan waktu, Namun kehebatan budi perkerti seseorang yang bijak justru semakin menawan seiring dengan usianya, bahkan akan terus dibicarakan dan diingat manusia walaupun dia sudah tiada.
  18. Keputusan yang diambil yang hanya didasarkan ingin menyenangkan semua orang, pada akhirnya hanya akan mengecewakan semua orang.. Keputusan berdasarkan kebenaran, mungkin akan mengecewakan sekelompok orang namun akan menyelamatkan semua orang.
  19. Orang sukses akan mudah menerima kritik karena tahu hal itu akan membuat dia lebih sukses.. Orang minder gampang tersinggung jika menerima kritik karena menganggap hal itu akan menjatuhkannya.
  20. Kita tidak perlu menyesal sama sakali jika masih tetap gagal namun sudah melakukan yang terbaik... Namun jujur saja, berapa persenkah kita sudah mengeluarkan kemampuan kita dari yang bisa kita lakukan?
  21. Pada saat satu nikmat dicabut, hitunglah sisa nikmat yang masih ada.. Kita akan terkejut betapa banyak nikmat yang masih bisa disyukuri.
  22. Wajar kita bersedih karena salah satu nikmat dicabut. Namun seharusnya kita lebih bersedih lagi mengapa dulu kita tidak bersyukur pada saat nikmat itu masih ada.
  23. Jangan heran jika cinta pada manusia bisa naik turun, Cinta pada Yang Maha Kuasa saja bisa naik turun.
  24. Agar cinta tetap tumbuh bersemi, Ingat-ingatlah selalu kebaikannya, lupakan keburukannya.
  25. Dalam bejuang kita tidak bisa sendiri.. Kita butuh orang-orang yang selalu memberi semangat.. yang bisa kita percaya.. yang setia menemani dalam perjuangan.. yang ikut merasakan kesedihan hati.. yang selalu membantumu dalam setiap kesulitan.. yang selalu memberi nasehat agar selalu bersabar ... Itulah sahabat-sahabat sejati.. Cintailah dan berterima kasihlah kepada sahabat-sahabatmu karena merekalah kau masih bisa bertahan sampai saat ini.
  26. Walaupun seseorang sekarang mungkin belum hebat tapi dia bisa menjadikan dirinya sehebat apapun yang dia inginkan
  27. Kalau mimpi kita ditertawakan, itu artinya mimpi kita terlalu besar untuk ukuran mereka.
  28. Banyak tahap menuju keberhasilan tapi semua harus melewati satu pintu gerbang utama yang harus dilewati sebelum pintu-pintu yang lain.. Anda akan terus tersesat jika tidak melewati gerbang tersebut.. Pintu gerbang utama itu adalah secara ikhlas mengakui kesalahan selama ini dan mau merubahnya.
  29. Kita tidak mungkin menghindar dari rasa sakit atau sedih.. Tapi kita bisa mengalahkan rasa takut kita.. Boleh sedih atau sakit tapi kita tidak boleh takut.. Dan itu satu-satunya cara agar kita menjadi berani, untuk menghadapi seluruh tantangan dalam menjemput impian kita.
  30. Betapa banyak yang bersedih karena kegagalan yang terjadi.. Namun betapa sedikit yang merubah sikapnya walaupun telah merasakan kegetiran atas kegegalannya.. Kesedihan atas kegagalan akan terus menanti selama tidak ada perubahan sikap.
  31. Orang akan membalas kebaikan sebesar yang kita berikan... Lakukanlah percobaan berikut: beri salam "Assalamua'laikum" lalu dengarkan apa jawabnya beri salam "Assalamua'laikum warahmatullah" lalu dengarkan apa jawabnya beri salam "Assalamua'laikum warahmatullah wabarakatuh" lalu dengarkan apa jawabnya.. Jika kita ingin mendapat kabaikan yang besar dari keluarga, teman, tetangga, perusahaan tempat anda bekerja maka pastikan kita telah memberikan kebaikan kepada mereka sebesar yang kita inginkan.
  32. Jika kita yakin Dia yang menciptakan diri kita. Yang Maha Kuasa.. Yang tiada pernah tertidur. Yang menciptakan seluruh alam semesta ini. lalu mengapa kita sering meragukan kemampuan-Nya? meragukan pertolongan-Nya? meragukan janji-Nya? Dialah Allah, sebaik-baik pelindung, sebaik-baik penolong.. Yang tiada pernah mengingkari janji-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang berserah diri kepada-Nya.. Berdoalah kepadaKu, niscaya Aku kabulkan [QS Al Mukmin 60]
  33. Seingat hidupku aku belum pernah menolak permintaannya, apa lagi meninggikan suaraku dihadapannya.... karena kutahu itu belum sebanding dengan apa yang diberikannya.. Dan tiada yang memberatkan dalam permintaannya.. Teringat senyum dan kasih-sayangnya.. Teringat kerja kerasnya, seorang diri membesarkan seluruh putra-putrinya.. Seharusnya berulang tahun pada bulan ini, dialah ibuku tercinta.. Dia telah beristirahat , menantikan pahala dari TuhanNya.. Ya Allah Ampunilah dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil..aamiin.
  34. Bagaimana mungkin seseorang akan sukses? Dengan sedikit waktu yang diberikannya dalam menggapai impiannya.. Dengan lemahnya komitmen akan impiannya.. Dengan ketidakingintahuannya tentang jalan menuju impiannya.. Dengan makian-makiannya terhadap ujian yang menimpanya.. Dengan ketakutannya untuk mengambil resiko yang harus ditanggungnya.. Dengan kekikirannya untuk mengorbankan sesuatu yang diperlukan untuk impiannya.. Dengan kesenangannya dalam menghamburkan waktu, tenaga dan harta dalam memenuhi hawa nafsunya.. Laksana menggarami lautan.. Usaha dengan kinerja sepeti itu, hanyalah akan sia-sia belaka... Jika seseorang bernar-benar mempertaruhkan segalanya dan berani menerima resiko terburuk sekalipun demi impiannya maka dengan seizin TuhanNya, kesuksesan hanyalah tinggal masalah waktu.
  35. STOP!
    Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang jika memang dia tidak mau mengubah nasibnya sendiri!
    Mulailah dengan..
    • Memaafkan dirimu sendri..
    • Memaafkan orang-tuamu..
    • Memaafkan gurumu..
    • Memaafkan semua yang pernah menyakitimu...
    • dan bertanggung-jawab terhadap diri sendiri!
    Jadilah pahlawan bagi dirimu sendri dan bagi keluargamu.. Saatnya dirimu yang merubah lingkunganmu.. Saatnya dirimu yang memimpin... Saatnya menjadi nakhoda dalam kehidupan ini.
  36. Untuk siapapun yang sedang galau.. Jangan terus bersedih.. Percayalah Bajay pasti berlampu.. Kegagalan dalam berusaha adalah tiket bagi kesuksesan.
    Obat putus cinta ya jatuh cinta lagi... Sepekat apapun malam ini.. percayalah esok fajar kan bersinar kembali.
  37. Dalam menggapai cita-cita yg kita inginkan, kita harus memaafkan diri sendiri dan kepada siapapun yg pernah menyakiti kita. Pemberian maaf adalah se-baik-baik perbuatan yg akan membuat hidup kita menjadi lebih mulia dan terbebas dari dendam yg sering menghabiskan tenaga dan fikiran kita. Bebaskanlah hati ini dari semua angkara murka. Itu harus kita lakukan agar kita bisa konsentrasi penuh menuju cita2 yg kita inginkan
Semoga 37 Catatan Motivasi Sony Sugema Biar Belajar Semangat Terus bermnafaat, dan kita bisa menjadi sumber semangat bagi lingkungan kita.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Matematika ;

You Might Also Like: