Rangkuman Perubahan atau Perbedaan Sistem Seleksi Masuk PTN 2018 dan 2019

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2019. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Untuk itu, mulai tahun 2019 Kemristekdikti akan memberlakukan kebijakan di bidang seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru. LTMPT berfungsi:
  1. Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN,
  2. Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Pola seleksi masuk PTN tahun 2019 akan dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu:
  1. SNMPTN dengan daya tampung minimal 20% dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN,
  2. SBMPTN minimal 40% dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN dan
  3. Seleksi Mandiri maksimal 30% dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN.
Pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan (akan masih dikembangkan).

Materi tes yang dikembangkan dalam UTBK tahun 2019 yaitu:
  • Tes potensial skolastik (TPS) dan
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA), terdiri dari
    • Kelompok ujian saintek
    • Kelompok ujian soshum
Bagi prodi Keolahragaan dan/atau Seni cukup, hanya perlu mengunggah dokumen prestasi atau portofolio saja, tidak ada Ujian Keterampilan (UK). Pelaksanaan UTBK dilakukan beberapa kali dan hasilnya akan diinformasikan kepada peserta dan PTN tujuan.

Demikian siaran pers ini disampaikan kepada masyarakat sebagai informasi yang resmi dan benar. Terima kasih kepada para Bapak/Ibu/Saudara wartawan atas perhatian dan kerjasama yang baik, sehingga berkenan untuk menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat.

Apa yang disampaikan diatas adalah sama seperti yang tertulis pada surat keterangan SIARAN PERS pada tanggal 22 Oktober 2018 yang langsung ditanda tangani oleh Ketua Panitia Pusat SNPMB PTN 2018, Bapak Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS.

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019


Rangkuman Perubahan atau Perbedaan Sistem Seleksi Masuk PTN Tahun 2018 dan Tahun 2019


Silahkan download materi diatas melalui link berikut [Download Rangkuman Perubahan atau Perbedaan Sistem Seleksi Masuk PTN 2018 dan 2019]

Perubahan sistem penerimaan masuk PTN yang baru ini sedikit banyaknya menguntungkan siswa. Sebagi catatan penutup untuk lulus SBMPTN triknya masih sama yaitu: Kita harus bisa mengerjakan soal yang dikerjakan oleh teman kita dan ada soal yang bisa kita kerjakan tetapi teman kita tidak bisa mengerjakannya. Untuk bisa seperti itu maka kita harus BELAJAR - BERLATIH - BERDOA serta terbiasa dengan soal-soal yang diujikan pada SBMPTN atau SMMPTN. Agar terbiasa dengan soal-soal SBMPTN atau SMMPTN, mulai sekarang ber-INVESTASI-lah setidaknya 3-5 soal setiap harinya.

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Catatan Penting Untuk Para Pendidik, Orang Tua dan Siswa;

You Might Also Like: