Skip to main content

Untuk Paham Bermatematik dan Bermain Sepak Bola Caranya Hampir Sama, Silahkan Disimak

Cara Unik Memperkenalkan Matematika Lewat SepakbolaCalon Guru berbagi catatan tentang Untuk Paham Bermatematik dan Bermain Sepak Bola Caranya Hampir Sama.. Beberapa waktu lalu liputan6.com memberitakan bahwa Soal Matematika di Kostum Timnas Rumania. Ini merupakan cara yang unik untuk memperkenalkan matematika sejak dini kepada anak-anak atau kepada masyarakat umum.

Peristiwa indah dan unik ini terjadi saat sesi latihan jelang pertandingan melawan Spanyol, akhir pekan lalu. Pasukan Anghel Iordanescu itu melakukan sesi latihan dengan menggunakan kostum berisi soal matematika di area punggung.

Cara Unik Memperkenalkan Matematika Lewat Sepakbola

Setelah dikonfirmasi lebih jauh, ternyata tujuan mereka sangat mulia, katanya adalah untuk untuk membantu meningkatkan pemahaman anak-anak Rumania mengenai matematika. Dikarenakan Rumania adalah salah satu negara dengan angka putus sekolah tertinggi di Uni Eropa, yakni sekitar 18 persen.

Kostum latihan itu juga dikatakan sebagai bentuk dukungan Timnas Rumania dalam meningkatkan keterampilan matematika negara mereka, sekaligus memerangi putus sekolah.

Cara Unik Memperkenalkan Matematika Lewat Sepakbola

Selain cara di atas, ada banyak hal yang dapat kita "petik" dari dunia sepak bola yang dapat kita terapkan dalam dunia matematik. Misalnya pada pertandingan sepak bola, para pemain profesional terlihat melakukan akrobatik dalam mengolah bola atau mencetak gol.

Kemampuan bermatematik, itu hampir sama dengan kemampuan bermain sepakbola. Semua pemain-pemain profesional tidak pernah berencana akan pakai skill yang mana pada saat bertanding. skill yang ada keluar dengan sendiri ketika situasi pertandigan di lapangan, semuanya berlangsung sangat cepat.

Kecepatan dalam memilih skill yang dimiliki seorang pemain profesioanl untuk digunakan hanya berdasarkan insting. Bagiamana insting seorang pemain sepak bola itu bisa tajam untuk memilih dan menggunakan beberapa skill yang dimiliki pada saat situasi genting, cuma satu caranya yaitu BERLATIH.

Kemampuan bermatematik juga sama, pada saat akan bertanding (ujian) kita tidak tahu kemampuan bermatematik yang mana akan kita gunakan karena soalnya kita juga belum lihat, jadi biar kemampuan kita dalam memilih dan menggunkan skill yang kita miliki dalam menyelesaikan soal semakin baik, cuma satu caranya BERLATIH.

Keadaaan paling buruk adalah kita tidak punya kemampuan (skill) yang mau dipilih dalam menyelesaikan soal-soal yang ada. Ini situasi yang terburuk, ketika situasi ini terjadi maka kita akan melewati soal tersebut.

Dalam setiap latihan sepak bola para pemain melatih banyak hal, mulai dari menendang, menangkap, lari, lompat dan bahkan jatuh juga dilatih. Banyak hal yang dilatih untuk mempersiapkan pemain menghadapi keadaan yang tidak diduga pada saat pertandingan.

Pertanyaannya, apakah semua yang dilatih itu digunakan pada saat pertandingan?, jawabnya tidak. Yang digunakan dalam pertandingan tidak semua yang dilatihkan, hanya beberapa saja. Tetapi semua yang digunakan dalam pertandingan adalah hasil dari latihan.

Dalam bermatematik juga sama, apa yang kita pelajari tidak semuanya kita gunakan sewaktu ujian berlangsung tetapi apa yang kita gunakan sewaktu ujian adalah hasil dari latihan-latihan kita sebelumnya. Ketika kita melihat soal matematika dan kita tidak bisa berbuat banyak terhadap soal itu, berarti kita belum pernah berlatih terkait teorema dasar pada soal tersebut.

Jadi cara paling dasar untuk bisa atau mengerti matematika yaitu Belajar dan Berlatih, kalau belum bisa berarti jam belajar dan berlatihnya ditambah lagi. Untuk berlatih soal matematika tingkat SMA dapat dipilih soal-soalnya dan sudah dilengkapi pembahasan pada Kumpulan Soal dan Pembahasan Matematika SMA Untuk Persiapan Ujian Sekolah, Ujian Nasional atau UTBK-SBMPTN

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Untuk Paham Bermatematik dan Bermain Sepak Bola Caranya Hampir Sama, Silahkan Disimak silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Sangat Kreatif, Siswa berkreativitas melalui Peraturan Baris Berbaris

youtube image
Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Untuk Paham Bermatematik dan Bermain Sepak Bola Caranya Hampir Sama, Silahkan Disimak" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih 🙏 support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar