Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Catat 9 Hal Terkait Materi Soal dan Nilai Ambang Batas SKD Sekolah Kedinasan Agar Kamu Lulus Tahun Ini

Calon Guru berbagi informasi tentang 9 Hal Yang Harus Diketahui jika mau lulus sekolah kedinasan Terkait materi Soal dan Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2022.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2022 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2022 kita catat 9 hal penting yang harus diketahui oleh calon Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada tahun 2022. Jika tertarik untuk mendownload keputusan menteri secara lengkap silahkan Download Disini


9 Hal Yang Harus Diketahui Terkait Banyak Soal dan Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan

  1. Seleksi Kompetensi Dasar Seleksi Penerimaan Mahasiswa/ Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2022 terdiri dari 3 (tiga) materi soal yaitu:
    • Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
    • Tes Intelegensia Umum (TIU); dan
    • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Waktu yang disediakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar sebagaimana dimaksud pada Diktum PERTAMA dilaksanakan dalam durasi waktu 100 (seratus) menit.
  3. Jumlah soal keseluruhan Seleksi Kompetensi Dasar sebagaimana dimaksud pada Diktum PERTAMA adalah 110 (seratus sepuluh) soal, dengan rincian:
    • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terdiri dari 45 (empat puluh lima) butir soal;
    • Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 35 (tiga puluh lima) butir soal; dan
    • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terdiri dari 30 (tiga puluh) butir soal.
  4. Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi Dasar sebagaimana dimaksud pada Diktum PERTAMA yaitu:
    • Untuk materi soal TKP, bobot jawaban benar bernilai paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol); dan
    • Untuk materi soal TIU dan TWK, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).
  5. Nilai kumulatif paling tinggi untuk Seleksi Kompetensi Dasar sebagaimana dimaksud pada Diktum PERTAMA adalah 550 (lima ratus lima puluh), dengan rincian:
    • 225 (dua ratus dua puluh lima) untuk TKP;
    • 175 (seratus tujuh puluh lima) untuk TIU; dan
    • 150 (seratus lima puluh) untuk TWK.
  6. Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar sebagaimana dimaksud pada Diktum PERTAMA adalah nilai paling rendah yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian / Lembaga.
  7. Penetapan nilai ambang batas sebagaimana dimaksud pada Diktum KEENAM yaitu:
    • 156 (seratus lima puluh enam) untuk TKP;
    • 80 (delapan puluh) untuk TIU; dan
    • 65 (enam puluh lima) untuk TWK.
  8. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada Diktum KETUJUH, dikecualikan bagi peserta yang berasal dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi sebagaimana diusulkan oleh Kementerian/Lembaga penyelenggara Sekolah Kedinasan dan telah disetujui oleh Menteri.
  9. Penetapan nilai ambang batas bagi peserta sebagaimana dimaksud pada Diktum KEDELAPAN yaitu:
    • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar paling rendah 281 (dua ratus delapan puluh satu); dan
    • Nilai TIU paling rendah 55 (lima puluh lima).

SOAL LATIHAN MENGHADAPI UJIAN MASUK PTN atau SEKOLAH KEDINASAN

Sebagai bahan latihan dalam mempersiakan diri menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau Ujian Masuk Sekolah Kedinasan, silahkan dicoba berlatih dari soal seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Soal latihan dapat di download melalui catatan berikut ini:

Catatan tentang Catat 9 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Para Pejuang Sekolah Kedinasan Terkait Materi Soal dan Nilai Ambang Batas SKD Tahun Ini di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jika ingin sukses harus pintar, Jika ingin pintar maka harus belajar, dan Jika ingin belajar harus rajin membaca.